Minggu, 19 Januari 2020

Pengertian Blender dan cara membuat animasi 3d

Post oleh : AnugerahMahanda | Rilis : Januari 19, 2020 | Series :

Hasil gambar untuk cara membuat animasi 3d bergerak dengan blender

Pengertian Blender

      Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.

Menu-menu dan fungsinya pada Blender


Fungsi Mouse di Blender :
(*) scrool :
                ~ melihat posisi object (ditekan, tahan, dan gerakan)
                ~ zoom in/out (di putar)
(*) klik kanan :
                ~ mengeblok object
                ~ memindah object
(*) klik kiri :
                ~ memilih menu

Shortcut :
A : selec object
S : skala
Ctrl+tab : face
R : rotasi
Z : sumbu Z
X : sumbu X
Y : sumbu Y

Menu file :
New : membuat lembar kerja baru.
Open : membuka lembar kerja baru.
Save As : menyimpan lembar kerja baru.
Import : membuka file dari aplikasi lain.
Export : membuka file ke aplikasi lain.

Menu Render
(F12) render image : menampilkan lembar kerja dalam bentuk gambar.
(Ctrl+F12) render animation : menampilkan lembar kerja dalam bentuk animasi.
(Ctrl+F11) render animasi : menjalankan animasi.

Menu Tools :
(R) rotate : memutar objek.
(S) skala : memperbesar (iklan objek)
(Shift+D) duplicate : memperbanyak objek.
(X) delete : menghapus.
Menu creat : membuka objek.

(*) Header
                Menu utama blender yang terdiri atas File, add, Render, dan Help.
(*) Viewport
                Tampilan yang terdiri dari objec 3D atas objec lainya.
(*) Toolbar
                Terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objecnya.
(*) Outliner
                Struktur data dari objec pada blender.
(*) Properties
                Panel yang memuat berbagi macam perintah untuk memodifikasi objec atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objec atau tools yang sedang aktif.
(*) Timeline
                Instruksi yang terkait dengan Frame anime atau sequencer.

Cara membuat objek 3d menggunakan blender


  1. Unduh dan install Blender 3D ke komputer ataupun laptop terlebih dahulu jika anda belum memilikinya. Caranya dengan menelusuri search engine untuk mendapatkan aplikasi blender 3D, kemudian men-downloadnya sampai selesai. Apabila sudah terinstal, buka dan tunggu sampai muncul tampilannya.
  2. Pilih objek yang ingin digerakkan. Apabila ingin objek yang lebih menarik, anda perlu membuatnya terlebih dahulu dengan beberapa langkah sebelumnya sebelum tahap membuat objek bisa bergerak.
  3. Jika tidak punya ataupun belum membuat animasi yang ingin digerakkan, manfaatkan shape yang ada misalkan bola pejal. Kemudian, ubah warna dan tekstur menggunakan material. Selanjutnya, pilih view dan klik camera untuk mempermudah.
  4. Setelah itu, silahkan mengatur time line dengan memfungsikan LocRotScale yang berada di menu bagian bawah.
  5. Lalu, gunakan rotate untuk menggerakkan objek atau geser. Setelah itu, tambahkan saja timeline. Dari gerakan tersebut, objek yang tadinya ada di pojok kotak kerja akan sedikit bergeser ke tengah.
  6. Langkah terakhir adalah melakukan render objek dengan menekan Ctrl + F12 atau menggunakan mode animations. Anda juga dapat mencoba preview gerakannya terlebih dahulu sebelum merendernya dengan tekan tombol Atl + A.

google+

linkedin